Rabu, 22 Juni 2016

MAKALAH 8 GEOFISIKA LINGKUNGAN

Tugasindividu
PENGANTAR GEOFISIKA
GEOFISIKA LINGKUNGAN
Disusun
OLEH :
NAMA                 : SittiSuhartina
NIM                     : 60400114020
JURUSAN           : FISIKA






JURUSAN FISIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) ALAUDDIN MAKASSAR
SAMATA-GOWA
2016/2017





DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
PENDAHULUAN
DASAR TEORI
KESIMPULAN
DAFTAR PUSTAKA



KATA PENGANTAR
AssalamualaikumWr.Wb
            Pujisyukurkitapanjatkanataskehadirat Allah SWT, karenaatasberkatdanrahmat-nyalahsehingga Kami dapatmenyusunmakalah “GEOFISIKA LINGKUNGAN Ini yang InsyaAllahdapatbermanfaat.Taklupa pula kitapanjatkanpujidansyukurkehadiratNabi Muhammad SAW.Karenaberkatbeliaulah, sehinggaumatmanusiadapatterlepasdari zaman kejahiliaanmenuju zaman modern sampaisekarangini.
            Taklupa pula kami ucapkanbanyakteriahkasihkepadakedua orang tua kami yang telahmerawatsertamendidik Kami sampaisekarangini, sertakepadasaudara Kami yang selalumemberimotivasi yang insyAllahkelakakanmenjadimanusia yang bergunabagi agama, masyarakat,bangsadan Negara.
            Terimahkasih pula Kami ucapkankapadaBapakdanIbudosen yang telahmembimbing Kami untukmembuatMakalahini.Semogamakalahinidapatmenjadimanfaat yang terhadappembaca.Apabilaadakesalahpadapenulisan, dan kata-kata mohonmaafkan. Karena Kami bukanlahmanusia yang sempurnah yang taklupukdarikesalahan.
Sekiandanterimahkasih
WassalamualaikumWr. Wb




                                                                                                Gowa19-JUNI-2016
                                                                                                                                                                                                                                    Penyusun

                                                                                                SittiSuhartina
                                                                                                Nim :60400114020





BAB I
PENDAHULUAN
1.1  JudulMakalah
Judulmakalahpadatugaspertamayaitu “GEOFISIKA LINGKUNGAN
1.2  LATAR BELAKANG
Geosainsmembahasbumisebagaisalahsatu planet dalamsistemmatahari (tatasurya) danmembahasbumisebagai “bAwang” yang berlapis lapis daripusatbumisampaipuncakatmosferataurumbai-rumbaibumi. 
Ketikamendengarisubanjir yang ditenggaraikarenasiklus 5 tahunanseperti yang dikutipolehpersdariketerangan para “penguasa” Jakarta, banyakpertanyaan yang muncul, “Apakahbenarbanjir  yang terjadipadasiklus 5 tahunan?”. Jugaadakomentar lain yang seringterdengar di masyarakatbahwabanjir di Jakarta adalahbanjirkirimandariBogor,karenaBogor.Puncakdansekitarnyasudahgundulakibatkurangnyaresapan air, hutannyasudahdibabathabisdigantikan
denganvila, pemukimanatautempatrehat para pejabatdanjendral RI.
Kalaubanjir yang terjadilokasinya di seputaranbantaran kali/sungai,mungkinsemua orang sudahmaklum. Namunbanjir yang terjadi di wilayah Jakarta dansekitarnyapadaawalbulanFebruari 2007 yang merambahmasukkewilayah-wilayahpemukimandansentrasentrabisnis yang semulabebasbanjir, ternyatatelahmenafikanko-mentar-komentardiatas. “Di Bogor tidakturunhujankok di Jakarta tetapadabanjir”. Argumen-argumenbahwabanjir yang terjadiadalahakibatbanjirkirimandari Bogor mulaidiragukanmasyarakat..
Kerugianmateriakibatbanjirapabiladikuantifikasidalam rupiah, mungkinsudahmasukdalamskalamilyarbahkantriliyunan rupiah. Belumlagipenyakit-penyakitsosial yang diakibatkanolehbanjir. Sungguhsuatufenomenaalam yang sangatdahsyatdanberakibatburukterhadapkehidupanmasyarakatsehari-hari.
                        Pada dasarnya kegiatan eksplorasi dan eksploitasi memerlukan suatu hal untuk meminimalisir dampak kerusakan alam yang dihasilkan. Karena sudah semestinya sebagian dari keuntungan yang diperoleh dari SDA digunakan untuk memperbaiki kondisi alam di daerah ekplorasi dan eksploitasi. Itu merupakan sedikit wujud dari rasa terimakasih kita kepada alam yang menyimpan banyak SDA yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.


1.3  RumusanMasalah
AdapunRumusanmasalahpadamakalahiniadalahsebagaiberikut:
1.      Apa kaitan geofisika lingkungan dengan materi lain
1.4  Tujuan
Tujuanmakalahiniadalahsebagaiberikut:
1.      Mengetahuikaitan geofisika lingkungan dengan materi lain
1.5 Manfaat
a.       Manfaatbagipemakalah
            Merupakansebuah media pembelajarankarenadenganmakalahini ,dengantidaksengajakita bias belajarmengenai topic Geofisikasehinggamemungkinkankita bias memahamiperanGeofisika yang sesungguhnyadalamduniasains.
b.      Manfaatbagipembaca
            Denganmakalahinipembacadapatlebihmemahamisesungguhnya, tentangperanGeofisikadalammewujudkancitranyasebagaianaksains yang professional khususnyadalambidangFisika.






BAB II
KAJIAN PUSTAKA
II.1 GEOFISIKA LINGKUNGAN
             Hidup di era industri dan globalisasi dengan berbagai suguhan teknologi canggih yang menjamin kenyamanan hidup tidak seharusnya membuat kita lupa terhadap lingkungan. Eksplorasi SDA dan lingkungan merupakan dua sisi berbeda yang sulit untuk berjalan secara bersamaan. Egoisme manusia mencari SDA sebanyak – banyaknya tanpa memikirkan dampak negatif terhadap lingkungan dan alam yang telah menyediakan SDA yang berlimpah. 
          Kegiatan eksplorasi biasanya berlangsung selama berbulan – bulan sampai menemukan SDA yang akhirnya akan di eksploitasi. Selama proses eksplorasi dan eksploitasi akan banyak lahan yang dibebaskan (digundulkan ) untuk pemasangan alat – alat berat ataupun pembangunan gedung – gedung baru. Apabila daerahnya berada di tengah hutan, mau tidak mau pohon – pohon akan ditebang dan bukit – bukit diratakan. Itu semua memang sudah menjadi prosedur perusahaan – perusahaan besar untuk mencapai keuntungan yang maksimal. 
          Pada dasarnya kegiatan eksplorasi dan eksploitasi memerlukan suatu hal untuk meminimalisir dampak kerusakan alam yang dihasilkan. Karena sudah semestinya sebagian dari keuntungan yang diperoleh dari SDA digunakan untuk memperbaiki kondisi alam di daerah ekplorasi dan eksploitasi. Itu merupakan sedikit wujud dari rasa terimakasih kita kepada alam yang menyimpan banyak SDA yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. 
Kini sudah banyak ilmu yang mempelajari bagaimana mencegah ataupun mengatasi dampak dari kegiatan eksplorasi dan eksploitasi. Pada dasarnya memang lebih baik mencegah daripada mengobati. Namun apa salahnya kita memperbaiki yang sudah terjadi agar kedepannya menjadi lebih baik dan lebih teratur. Suatu ilmu yang mempelajari bagaimana agar kegiatan eksplorasi dan eksploitasi tidak banyak membuat dampak negatif terhadap lingkungan. Geofisika lingkungan mencoba untuk mengurangi dampak tersebut. 
          Mempelajari geofisika lingkungan merupakan wujud dari kepedulian terhadap 
lingkungan hidup kita. Karena kita memang tidak bisa memungkiri bahwa sumber daya alam yang melimpah akan menghasilkan keuntungan yang berlimpah pula. Namun kita coba kurangi egoisnya kita dan memikirkan bagaimana caranya agar alam menerima feed backyang setimpal dengan apa yang telah diambil dari eksplorasi dan eksploitasi. Ketika memang sudah terjadi kerusakan alam, geofisika lingkungan juga dapat mengetahui cara yang paling efisien untuk mengurangi dampak negatifnya. Bukan berarti menghilangkan dampak negatifnya, namun lebih tepatnya mencari solusi dari kerusakan alam yang ditimbulkan. 
        Bbagaimana rasa kepedulian terhadap alam medasari semua kegiatan eksplorasi dan eksploitasi. Agar terjadi keseimbangan antara keuntungan yang diperoleh dengan kelestarian alam. Tujuan real dari pembelajaran geofisika lingkungan adalah demi masa depan bumi yang baik dan bertahannya sumber daya alam sampai ke generasi berikutnya. Agar manusia tidak terlalu egois mengeruk kekayaan alam demi keuntungan materi semata. 
          Untuk kegiatan eksplorasi dan eksploitasi yang sudah terlanjur menghancurkan alam secara besar – besaran mungkin kita bisa lakukan reboisasi dan pelacakan sebaran limbahnya agar tidak mengganggu makhluk hidup di sekitarnya. Untuk eksplorasi dan eksploitasi kedepannya diharapkan untuk memikirkan kelestarian alam dan merencanakan kegiatan pemulihan daerah eksplorasi berdasarkan prinspip geofisika lingkungan. Semoga kita semua bisa merasakan manfaat dari alam sekaligus memberikan manfaat kembali untuk alam sebagai penyedia SDA. 



BAB III
PENUTUP
III.1 Kesimpulan
a.       Kegiatan eksplorasi biasanya berlangsung selama berbulan – bulan sampai menemukan SDA yang akhirnya akan di eksploitasi. Selama proses eksplorasi dan eksploitasi akan banyak lahan yang dibebaskan (digundulkan ) untuk pemasangan alat – alat berat ataupun pembangunan gedung – gedung baru.materi ini berkaitan dengan geofisika lingkungan
III.2 Saran
            Sekiranya pembaca memberikan koreksi terhadap penulis makalah, agar dapat belajar dengan kritikan dari pembaca yang diberikan.



DAFTAR PUSTAKA

Anonim,2015,//http,PEDRA_ Geofisika Lingkungan _ Wujud Kepedulian Terhadap Alam.html. diakses pada tanggal 20 juni 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar